Model User Interface
Pengguna
Pemodelan interface adalah teknik pengembangan yang digunakan oleh programmer
aplikasi komputer. Hari Ini user interface (UIS) merupakan komponen software
yang kompleks, yang memainkan peran penting dalam kegunaan dari aplikasi.
Pengembangan UIS memerlukan Oleh karena itu, tidak hanya pedoman dan laporan
praktek terbaik, tetapi juga proses pembangunan termasuk elaborasi model visual
dan notasi standar untuk visualisasi ini.
Pemodelan
pengguna Istilah antarmuka banyak digunakan dalam konteks teknologi informasi.
Sebuah model user interface merupakan representasi dari bagaimana pengguna
akhir (s) berinteraksi dengan program komputer atau perangkat lain dan juga
bagaimana sistem merespon. Tugas pemodelan kemudian untuk menampilkan semua
"aspek secara langsung mengalami hal atau perangkat"
[Trætteberg2002].
Modeling
antarmuka pengguna adalah disiplin mapan dalam dirinya sendiri. Sebagai contoh,
teknik pemodelan dapat menggambarkan obyek interaksi, tugas, dan tingkat rendah
dialog dalam antarmuka pengguna. Menggunakan model sebagai bagian dari
pengembangan antarmuka pengguna dapat membantu kebutuhan menangkap pengguna,
hindari dini komitmen untuk layout tertentu dan widget, dan membuat hubungan
antara bagian yang berbeda antarmuka dan peran mereka eksplisit.
[SilvaPaton2003].
1.
UML :
Beberapa aspek pemodelan antarmuka pengguna dapat direalisasikan dengan
menggunakan UML. Namun, bahasa ini tidak terutama ditujukan untuk jenis
pemodelan, yang dapat membuat model agak sintetis
2.
UMLi :
UMLi merupakan perpanjangan dari UML, dan menambahkan dukungan untuk
representasi sering terjadi di antarmuka pengguna. Karena aplikasi model dalam
UML menggambarkan beberapa aspek dari antarmuka pengguna, dan karena
model-pengguna berbasis lingkungan pengembangan antarmuka (MB-UIDE) kurangnya
kemampuan untuk aplikasi pemodelan, University of Manchester memulai proyek
penelitian UMLi pada tahun 1998. UMLi bertujuan untuk mengatasi masalah ini
merancang dan mengimplementasikan user interface menggunakan kombinasi UML dan
MB-UIDE.
3.
DiaMODL :
DiaMODL menggabungkan bahasa dataflow berorientasi (Pisa abstraksi interactor)
dengan UML statecharts yang memiliki fokus pada perilaku. Hal ini mampu
pemodelan dataflow serta perilaku obyek interaksi. Ini dapat digunakan untuk
mendokumentasikan fungsi dan struktur antarmuka pengguna beton.
4.
Himalia :
Himalia menggabungkan Model Hypermedia dengan kontrol / paradigma komposit. Ini
adalah bahasa pengguna penuh antarmuka, hal itu dapat digunakan untuk
menentukan tetapi juga untuk menjalankannya, karena ini alat desainer dapat
dikategorikan sebagai suatu gulden.
Tipe Model
Aspek yang
berbeda dari antarmuka pengguna membutuhkan jenis model yang berbeda. Beberapa
model yang dapat dipertimbangkan untuk UI-pemodelan adalah:
1.
Domain model, termasuk model data
(mendefinisikan objek yang pengguna dapat melihat, mengakses dan memanipulasi
melalui user interface)
2.
Model navigasi, mendefinisikan bagaimana
benda-benda yang pandangan pengguna dapat navigasikan melalui antarmuka
pengguna
3.
Tugas model. (menggambarkan tugas-tugas pengguna
akhir melakukan dan menentukan apa kemampuan interaksi harus dirancang)
4.
Pengguna model (mewakili karakteristik yang
berbeda dari pengguna akhir dan peran mereka bermain dalam organisasi)
5.
Platform model (digunakan untuk memodelkan
perangkat fisik yang dimaksudkan untuk menjadi tuan rumah aplikasi dan
bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain)
6.
Dialog model (bagaimana pengguna dapat
berinteraksi dengan penyajian benda (sebagai tombol push, perintah, dll),
dengan media interaksi (seperti input suara, layar sentuh, dll), dan reaksi
yang antarmuka pengguna berkomunikasi melalui benda-benda)
7.
Presentasi model (tampilan aplikasi,
representasi dari elemen visual, pendengaran dan haptic bahwa antarmuka
pengguna menawarkan untuk penggunanya)
8.
Aplikasi model (perintah dan data aplikasi
menyediakan)
UML dapat
digunakan untuk beberapa model yang disebutkan di atas dengan berbagai tingkat
keberhasilan, tetapi tidak memiliki dukungan untuk model pengguna, pemodelan
platform dan model presentasi.
Bagan user interface model
No comments:
Post a Comment